Menpora Cup 2013
Bola Internasional Liga Lain Timnas Tampil Beda, Kebanjiran Foto Bersama
Senin, 11 Agustus 2013 | 23:55:33 WIB Oleh : Feryna

Timnas Tampil Beda, Kebanjiran Foto Bersama

Timnas Tampil Beda, Kebanjiran Foto Bersama
© Istimewa
Share This :

GarudaSoccer.com - Tim Nasional Indonesia tampil berbeda dari peserta lainnya dalam parade pengundian grup Homeless World Cup 2013 di tepi Danau Malta, Poznan, Polandia, Sabtu (10/8) petang waktu setempat. Baju dan tutup kepala yang unik, dengan ciri khas Sunda, membuat timnas kebanjiran foto bersama penonton.


Para pemain mengenakan penutup kepala yang berbeda-beda mulai dari blangkon, udeng-udeng, sampai jenis iket kepala yang biasa dipakai masyarakat adat Sunda. Untuk setelan bajunya, ada yang memakai beskap Jawa, batik, sarung, dan baju kampret. Asesoris ini membuat tim Indonesia tampil mencolok.


Meski badan pemain tim Indonesia terbilang kecil dibandingkan para pemain Eropa, mereka mudah dikenali karena atribut yang melekat padanya. 
Saking uniknya, tim Indonesia ‘kebanjiran’ permintaan untuk difoto bersama. Apalagi mereka berjalan bersama 48 tim negara lainnya sepanjang rute 3,5 kilometer dari tempat penginapan ke lokasi pertandingan di sisi Danau Malta. Sepanjang perjalanan itu karena sedang musim liburan, banyak orang yang berjemur atau menghabiskan waktu di sekitar danau tersebut.


Pelatih Indonesia, Bonsu Hasibuan mengatakan, parade dan penyambutan tim kali ini terasa lebih hangat dibandingkan tahun sebelumnya. Menurut dia, komunikasi antar pemain dan tim di Polandia lebih hangat dan akrab.


“Indonesia juga punya ciri khas yang jadi identitas dan memudahkan tim lain mengenalnya. Semoga ini bisa menambah semangat tim,” ujarnya.

Parade yang diikuti sedikitnya 1.000 orang dengan beragam bendera itu menjadi daya tarik tersendiri. Terlebih tim Indonesia yang berbaris dengan mengibarkan bendera yang sekilas warnanya sama dengan bendera Polandia. Bedanya, bendera Indonesia memiliki warna merah di bagian atasnya.


Seusai melalukan parade, seluruh bendera negara peserta Homeless World Cup 2013 dikumpulkan di tengah lapangan. Panitia kemudian melakukan pembagian grup berdasarkan urutan dan raihan prestasi masing-masing negara dalam kompetisi sepakbola tahunan buat kaum marjinal ini.


Pengundian ini dilakukan oleh pendiri sekaligus Presiden Homeless World Cup, Mel Young, Ketua Panitia Lokal Homeless World Cup 2013, Maciek Gudra, serta perwakilan mitra lokal Isabella Lukomska.


Berdasarkan hasil pengundian, Indonesia berada di grup G bersama Argentina, Skotlandia, Wales, dan India untuk babak penyisihan. Total untuk tim putra ada 8 grup, yang masing-masing terdiri dari enam tim dan dua grup hanya lima tim saja.

 

Mengomentasi hasil pengundian grup itu, Bonsu optimis tim Indonesia bisa melaju ke babak selanjutnya. “Kami tidak memandang sebelah mata terhadap tim lawan. Tapi karena sudah ada pengalaman tahun sebelumnya, jadi saya bisa memberikan masukan buat tim,” ujar Bonsu.


Terkait kiper Indonesia, Ujang Yakub yang sempat bengkak jempol kaki kanannya, Bonsu mengatakan, pemain itu semakin membaik kondisinya. Dia juga memastikan, Ujang bakal diturunkan pada pertandingan pertama Indonesia melawan Skotlandia pada hari Minggu, tanggal 11 Agustus 2013, pukul 14:45 waktu setempat.


“Kita pernah menang melawan Skotlandia (di Meksiko) dengan berat. Strateginya tim harus bermain sabar dan tidak terburu-buru. Sejak menit awal harus mengambil dan bisa mengatur posisi,” papar Bonsu.

Setiap negara akan bertanding minimal lima hingga enam kali dalam babak penyisihan. Dua tim dengan nilai tertinggi dalam grup akan lolos ke babak penyisihan selanjutnya. (fe)


Pembagian Grup Homeless World Cup 2013

Putra

Grup A

Grup B

Grup C

Grup D

Lithuania

Brazil

Mexico

Portugal

Denmark

Costarica

Italia

Poland

Inggris

Namibia

Ukraina

Prancis

Swiss

Yunani

Jerman

Hongkong

Hungaria

Finlandia

Kroasia

Kanada

Irlandia Utara

Swedia

Luxemburg

Australia

 

 

 

 

 

Grup E

Grup F

Grup G

Grup H

Chile

Austria

Indonesia

Rusia

Afrika Selatan

Filipina

Argentina

Irlandia

Amerika Serikat

Bosnia Herzegovina

Skotlandia

Belgia

Kamboja

Rumania

Wales

Republik Ceko

Bulgaria

Belgia

India

Norwegia

Korea Selatan

Slovenia

 

 

 

 

 

 

 

Dilihat Sebanyak 268 Kali
Komentar Anda
Opini
Oleh : Johannes Sugianto
Oleh : Johannes Sugianto
Oleh : Feryna
Oleh : Johannes Sugianto
Oleh : Johannes Sugianto
#Lihat Semua Opini
Klasemen Sepakbola
No Klub Main Poin
1
Persib Bandung
33 60
2
Mitra Kukar
32 59
3
Sriwijaya FC
32 57
4
Barito putra
32 50
5
Gresik United
33 45
#Lihat Selengkapnya
Top Skorer
Info Iklan | Tentang Kami | Kontak | Disclaimer | Redaksi | Privacy Policy | Back to top!
Copyright © 2013 Garuda Soccer All right reserved
Developed by